Ngobrol Sehat Bebas Worry bersama HIJUP x Softex Daun Sirih

Juni 19, 2018



Assalaamu alaikum...

Finally... it’s H+4 Idul Fitri, mood buat nulis kembali membara setelah sebelumnya disibukkan dengan acara-acara bukber dan persiapan lebaran. Sebelumnya, saya mengucapkan selamat lebaran yah buat teman-teman yang muslim, semoga amal ibadah kita selama Ramadhan diterima oleh Allah SWT dan kita menjadi muslim yang kembali ke fitri. Mohon maaf lahir dan batin juga jika selama ini saya ada perbuatan yang menyakiti teman-teman.


Baiklah, kali ini saya akan sharing soal salah satu event keren yang saya hadiri di Ramadhan (Jumat, 8 Juni 2018) kemarin di ON20 Bar & Dining Sky Lounge Makassar. Walaupun acaranya udah lewat seminggu lebih, saya rasa gak ada kata telah buat share soal event ini, soalnya banyak banget ilmu yang saya dapatkan yang sayang kalau saya gak bagi-bagi ke teman-teman semuanya, khususnya buat yang perempuan.

 
ON20 Bar & Dining Sky Lounge
bersama para bloggers muslimah di Makassar
Rasanya senang dan bersyukur bisa diundang oleh HIJUP dan Softex Daun Sirih buat ‘Ngobrol Sehat Bebas Worry’ seputar kesehatan di area kewanitaan. Apalagi di event ini kita bisa sharing langsung sama ahlinya, yakni Dr. Bram Pradipta, SpOG yang ngasih banyak tips tentang merawat area kewanitaan. Gak cuma dr. Bram, event ini juga semakin spesial karena kita bisa ketemu dan sharing langsung dengan seorang selebgram cantik asal Bandung yaitu Ashry Rizqky Rabani (ig: @ashryrrabani). Ashry cerita banyak soal pengalamannya mengatasi masalah-masalah di area kewanitaan yang tentunya juga sudah pernah dialami oleh hampir semua perempuan.

dr. Bram memberikan tips seputar kesehatan di area kewanitaan
Sebagai seorang perempuan, kebersihan pada area kewanitaan merupakan hal yang sangat penting untuk diperhatikan. Apabila kebersihan pada area kewanitaan tidak mendapat perhatian khusus, maka akan muncul bakteri dan kuman yang dapat menyebabkan penyakit berbahaya yang tentunya tidak diinginkan oleh perempuan manapun. Sebenarnya simple aja sih buat merawat area kewanitaan agar tetap terjaga kebersihan dan kesehatannya. Di event kemarin, dr. Bram ngasih tips sebagai berikut:

Jagalah kelembaban area kewanitaan

Kelembaban yang berlebih pada area kewanitaan dapat menyebabkan infeksi oleh jamur. Pastikan panties tidak dalam keadaan basah saat digunakan. Setelah berolahraga atau melakukan aktivitas yang mengeluarkan keringat, gantilah panties sesegera mungkin sehingga keringat di area kewanitaan tidak menimbulkan jamur. Perhatikan juga cara membersihkan organ intim dengan baik dan benar setelah buang air kecil maupun besar.  
 
Gunakan pembersih dari bahan yang alami
Hindarilah pemakaian pembersih area kewanitaan yang mengandung parfum maupun bahan kimia lainnya. Bahkan dr. Bram menyarankan agar tidak perlu menggunakan sabun pembersih untuk area kewanitaan, cukup menggunakan air rebusan daun sirih bila diperlukan.


Kurangi merokok
Perempuan sebaiknya menghindari aktivitas merokok karena dapat berpengaruh bagi kesuburan. Pada wanita perokok seringkali ditemukan kasus keguguran berulang, bayi lahir prematur, cacat, hingga kematian bayi di dalam kandungan. Tentu saja calon ibu mana pun tidak menginginkan hal-hal demikian, bukan? Selain masalah kesuburan, rokok juga dapat menimbulkan virus yang berujung pada penyakit kanker mulut rahim.


Kurangi alkohol
Perempuan juga sebaiknya menghindari meminum alkohol karena berpotensi mengganggu sistem reproduksi yang tentu saja akan merusak fungsi sistem reproduksi itu sendiri.


Gunakan panties dengan bahan yang sesuai
Bahan dari panties yang kita gunakan sehari-hari tentu saja juga merupakan hal yang harus diperhatikan. Gunakan panties dari kain yang dapat menyerap keringat seperti katun. Selain itu, hindari pemakaian panties yang ketat dan menimbulkan ketidaknyamanan pada area kewanitaan.


Ganti panties sesering mungkin

Agar lebih aman dari timbulnya jamur maupun bakteri, gantilah panties sesering mungkin sehingga area kewanitaan tetap terjaga kebersihannya. Bagi muslimah, idelanya mengganti panties dilakukan setiap sebelum shalat 5 waktu.


Ganti pembalut sesering mungkin saat menstruasi

Saat sedang menstruasi, gantilah pembalut setiap 3 hingga 4 jam sekali. Darah menstruasi  terkontaminasi dengan mikroorganisme dari dalam tubuh, apabila kita menggunakan pembalut dalam waktu yang lama saat sedang menstruasi, hal ini dapat menimbulkan infeksi.


Gunakan pembalut yang bebas bahan kimia

Pembalut merupakan benda yang bersentuhan langsung dengan area kewanitaan, tentu saja agar tetap bersih dan sehat, kita harus memperhatikan kandungan bahan dari pembalut yang kita gunakan setiap saat. Gunakanlah pembalut yang nyaman dan terbuat dari bahan yang alami. 




Perlu diketahui bahwa tidak semua produk pembalut di Indonesia terbuat dari bahan yang alami dan aman digunakan. Sebagai perempuan, tentu saja kita harus lebih selektif dalam memilih pembalut yang kita gunakan sehari-hari. Kalau saya sendiri, kini lebih mempercayakan soal pembalut pada Softex Daun Sirih. Kenapa Softex Daun Sirih? Berikut alasan saya.

  • Bersertifikat halal; Softex Daun Sirih merupakan produk pembalut pertama di Indonesia yang mendapatkan sertifikat halal dari MUI. Tentu saja ini merupakan kabar gembira bagi teman-teman yang muslimah, bukan?
  • Aman dan nyaman digunakan sehari-hari; pembalut ini mengandung lapisan sirkulasi udara untuk mencegah kelembaban, memiliki permukaan yang nyaman saat digunakan dan tentu saja dapat menyerap lebih cepat.
  • Mengandung ekstrak daun sirih; sudah bukan rahasia lagi kalau daun sirih sangat berhasiat pada kebersihan dan kesehatan di area kewanitaan.
Softex Daun Sirih memiliki 6 varian produk dan yang menjadi favorit saya untuk dipakai sehari-hari saat sedang menstruasi adalah yang Slim Regular Flow Wing, pembalut ini memiliki ukuran (23 cm) yang pas buat saya dan nyaman digunakan saat sedang beraktivitas karena memiliki perekat wing untuk menghindari kerutan. Buat yang gak suka pembalut dengan perekat wing juga bisa menggunakan Slim Regular Flow Non Wing loh, ukuran dan bentuknya sama dengan yang Slim Regular Flow Wing, yang membedakan hanya perekat wing-nya yang tidak ada. 

Untuk pemakaian di malam hari, saya lebih memililih untuk menggunakan pembalut Slim Heavy Flow Wing dengan bentuk yang lebih panjang dan tentu saja dapat terhindar dari kebocoran saat sedang tidur di malam hari. Slim Heavy Wing ini terdiri dari 2 ukuran, yakni yang berukuran 29 dan 36 cm, kamu tinggal pilih ukuran mana yang paling pas dan nyaman untuk digunakan saat malam hari.



Nah, untuk hari terkahir menstruasi biasanya darah yang keluar tidak terlalu banyak atau berupa bercak saja. Dari pada memakai pembalut dengan ukuran regular, saya lebih memilih untuk menggunakan Pantyliner Longer dan Wider dengan ukuran panjang 18 cm. Bentuknya yang lebih slim membuat saya lebih nyaman saat beraktivitas. Saat tidak sedang menstruasi pun pantyliner ini juga bisa digunakan untuk yang sedang mengalami masalah keputihan. Untuk yang suka dengan ukuran lebih kecil, Softex Daun Sirih juga punya Pantyliner dengan ukuran 15 cm loh.



Sebagai perempuan dengan aktivitas yang padat, saya sendiri sudah merasakan manfaat dari produk-produk Softex Daun Sirih. Selain sehat dan aman, kelebihan utamanya tentu saja karena produk-produknya nyaman saat digunakan sehari-hari. Buat teman-teman yang lebih mengutamakan kenyamanan dan ‘feeling good’ saat memakai suatu produk, saya merekomendasikan Softex Daun Sirih untuk soal pembalut. Silahkan dibuktikan sendiri!




Flat Lay Photo Challenge
fotografer Shandy Geta memberikan tips seputar fotografi flat lay
Selain sharing seputar kesehatan di area kewanitaan, di Bloggers Meet Up ini juga ada kegiatan Flat Lay Photography Workshop. Flat lay photography saat ini telah menjadi tren di media sosial, khususnya di Instagram. Teknik fotografi ini merupakan teknik mengambil gambar yang artistik dari beberapa objek melalui bidikan kamera dari atas ke bawah lurus 90 derajat. Workshop dibawakan langsung oleh seorang fotografer komersil bernama Shandy Geta. Shandy memberikan beberapa tipsnya saat mengambil gambar dengan teknik flat lay. Tidak hanya sekedar memberikan tips, kami juga ditantang untuk mempraktekkan langsung teknik fotografi ini dengan produk Softex Daun Sirih sebagai objek fotonya. Tentu saja workshop ini sangat bermanfaat bagi teman-teman blogger, khususnya saya yang mengutamakan estetika saat mengambil gambar untuk Instagram feed saya, hehehe..

saya dan bloggers lainnya sedang serius mempraktekkan fotografi dengan teknik flat lay
naah... ini dia karya saya

Nah, pada kesempatan ini saya juga mau bagi-bagi voucher nih buat kamu semua untuk belanja di HIJUP sebesar Rp. 50.000,- dengan minimum pembelanjaan Rp. 250.000,-. Silahkan klik link ini HIJUP Voucher x Farah Djamal dan masukkan kode voucher: HIJUPSFTXMKS. Masa berlaku kode voucher hingga 12 Agustus 2018. Buruan yah!

You Might Also Like

13 komentar

  1. Ini momen bukber yang paling berkesan bagi saya di ramadhan yang penuh barokah ini. Bisa ngumpul bareng bersama bkigger perempuan Makassar apalagi bisa dapat ilmu yang bermanfaat dari softex dan hijup

    BalasHapus
  2. Acaranya bermanfaat banget.
    Selain itu saya suka dengan dekornya yang back to nature, nuansa dedaunan sirih. Apalagi yang hadir semua tampil cantik dengan dress code hijau.
    Aah, pengennya setiap bulan ada acara keren kayak gini!

    BalasHapus
  3. Event keren, terima kasih kak atas ringkasan ilmunya, salam kenal juga semoga kedepannya bisa lebih akrab 🙏

    BalasHapus
  4. Acaranya keren dan bermanfaat banget, *thumbsup. Berkat acara ini aku jadi tahu kalau kita nggak boleh pakai panty liners lebih dari 3 jam, berguna banget ya info-info nya.

    BalasHapus
  5. Suka banget sama reviewnya kak.. Kerennnn.. Anyway salam kenal yaa kak :)

    BalasHapus
  6. Acara yang bermanfaat ya Farah.
    Ada edukasi kesehatan sekakigus belajar flat lay

    BalasHapus
  7. Waahhh kecenya kak.. seru sekali acaranya.. ohya btw salam kenal yah kak :)

    BalasHapus
  8. Seriusnya muka ku situe pas flatlay workshop hahahahha,
    Event kece bisa kenalan sama semua blogger wanita yg ada di mks,. Lebaran kemarin sy sudah coba softexnya, nyaman betul tawwa

    BalasHapus
  9. Seneng banget setelah pulang dari gathering hijup x softex daun sirih, banyak dapat ilmu yang bermanfaat plus ketemu teman baru, hihi

    BalasHapus
  10. Acaranya sejuk sesejuk yang datang. Hijau menandakan kesejukan.

    BalasHapus
  11. keren acaranya bagus-bagus foto-fotonya kak farah.. sukak deh

    BalasHapus