Mengapa Perempuan Memakai Makeup?

Juli 02, 2018



Hai, ladies! Apakah kamu termasuk perempuan yang menggunakan makeup  sehari-hari? Atau kamu termasuk yang tampil polos atau natural? Kalau kamu tergolong perempuan pada pilihan pertama, berarti kita sama. Saya termasuk perempuan yang menggunakan makeup dalam keseharian saya, setidaknya sekedar menggunakan lipstik agar tidak terlihat pucat. 

Umumnya terdapat 2 pandangan terhadap perempuan yang memakai make up sehari-hari: 1) “Mereka terlihat profesional dan siap untuk hari mereka”, atau 2) “Mereka mencoba terlalu keras dan berlebihan dalam penampilan mereka”. Saya pibadi, lebih setuju dengan pandangan yang pertama. When someone shamed you about wearing makeup, that's rude! Jadilah dirimu sendiri, dan jika kamu menginginkannya, lakukanlah!

Sebenarnya, tidak ada yang salah dengan pilihan memakai makeup atau tidak dalam keseharian kita. Hanya saja, seorang perempuan harus mengerti kapan dan mengapa dirinya harus menggunakan makeup.  

Lakukan untuk dirimu sendiri
Terkadang alasan perempuan memakai makeup adalah untuk mengesankan orang lain, yup.. ini sebenarnya bukan masalah selama dalam porsi yang sewajarnya. Saya pribadi, hampir setiap hari memakai makeup  dengan tujuan menampilkan versi terbaik dari diri saya sendiri, tidak berusaha menjadi orang lain. Ketika saya menggunakan makeup, saya merasa baik. Bukan berarti saya merasa jelek tanpa makeup, tapi seorang perempuan sesekali membutuhkan dorongan ekstra percaya diri untuk menghadapi hari-harinya.

Makeup is an art
Ketika orang lain meminta saya untuk mengaplikasikan makeup di wajahnya, atau sekedar meminta saran seputar makeup, secara pribadi saya merasa lebih artistik dari biasanya. Untuk urusan makeup yang baik, tentu saja kreatifitas seorang perempuan sangat diandalkan. Tidak ada batasan untuk berkreasi pada makeup karena ketika itu terlihat tidak pantas, kamu dapat menghapusnya dan memulai dari awal.


Yang perlu menjadi catatan bagi perempuan adalah, jangan berusaha menjadi orang lain dengan makeup. Ketika kamu berburu produk makeup hanya karena tren maka hal itu akan menjadi sia-sia, tren terus berkembang dan tidak akan ada hentinya. FOMO (Fear of Missing Out) is real, tapi kamu tidak perlu memakai lipgloss hanya karena Kylie memakainya. Kamu juga tidak perlu ikut-ikutan style – drunk blush hanya karena lagi tren dipakai oleh artis-artis Korea. Gunakanlah sesuai dengan kebutuhan dan karaktermu.

Tak perlu disangkal lagi, semua perempuan itu cantik entah yang memilih menggunakan makeup ataupun tidak. Jangan merasa tertekan untuk memakai makeup karena perempuan lain pun melakukannya. Jangan pula menggunakan makeup ketika kamu merasa tidak menjadi dirimu sendiri.  Gunakanlah karena kamu mau, sebagai bentuk kreatifitas dan ekspresimu.

You Might Also Like

9 komentar

  1. Sebenarnya saya juga ingin memakai makeup seperti perempuan lainnya, tetapi saya tidak tahu memakainya. Melukis alis saja saya tidak mahir, bahkan anakku bilang "mama kalau pakai pinsil alis pasti belepotan" hehehe...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau alisnya sudah tebal sih bu ga perlu lagi pake pensil alis.. Sayangnya sy termasuk yg alisnya tipis.. hehehe

      Hapus
  2. 2 make up penting buat saya, yaitu pinsil alis dan lipstik. Jangan sampai keluar rumah tanpa keduanya itu deh... Hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahah kita sama dong kak.. Ga papa ga pake bedak asal pensil alis sm lipstik ga terlewatkan...

      Hapus
  3. Kadang-kadang saya suka lihat karya make up artist. Dia bisa make up orang dengan kesan/cita rasa yang kelihatan berbeda-beda dan ada tema2nya. Art yang keren.

    BalasHapus
  4. Suka baca tulisanmu farahhh 😍 terstuktur rapi .
    Anyway saya juga sama kayak Farah , makeup tiap hari karena merasa SIAP untuk hari ini dan makeup UNTUK DIRI SENDIRI tentunyaaa bedanya mungkin saya ada plus mengesankan suami.
    Farah masih untuk diri sendiri ~
    #ngacir 😆🤭

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena belum lama ini kelar skripsinya dan bantu skripsi teman juga jga jadi habit nulis rapinya masih membekas hhahahah... But thankyou very much kak Qiah... komen2 dan supportnya selalu jd moodboster ku, bikin saya selalu termotivasi buat nulis dan bikin konten heheheh

      Hapus
  5. Sejatinya seorang wanita adalah merawat dirinya, pintar dandan. Soal make up, saya utamakan bagian alis. Lebih baik yang lain tidak jika sudah buru2 karena di kejar waktu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahahhaha saya juga begitu bu, berat hati keluar rumah kalo ga ngalis dulu...

      Hapus